Pages

Friday, January 7, 2011

Rahasia menjadi seorang yang populer dan percaya diri

Sebelumnya aku sangat berterima kasih guru Bahasa Inggris ku di SMA yaitu Miss. Winda Fitricia yang sekaligus pembina ekstrakulikuler English Club tahun 2010/2011. Beliau memberiku sebuah buku yang berjudul "how to win friends and influence people for teen girls. Rahasia menjadi populer dan percaya diri" yang dikarang Donna Dale Carnegie.

Aku banyak belajar dari buku yang beliau berikan kepadaku untuk menjadi seorang remaja putri yang percaya diri dan populer.

Dibawah ini ada ringkasan - ringkasan pelajaran yang aku dapat setelah membaca buku tersebut :
Pertama, kamu tidak akan memperoleh apa - apa dengan mengecam, mengkritik, atau mengeluh. Dale Carnegie pernah berkata, "Kritik itu sia - sia. Kritik menempatkan orang pada posisi membela diri, dan biasanya membuat dia berusaha membenarkan dirinya." Dengan menghindari tiga K (Kritik, Keluh, Kecam) dalam kehidupan, kita bisa menjadi teman yang lebih disukai dan lebih baik, dan lebih mungkin memperoleh apa yang kita inginkan dari orang lain.
Kedua, dengan memuji sisi terbaik orang lain, kamu bisa menggugah mereka untuk menjelmakan potensi diri mereka. Dan dengan menjalani hidup dengan jujur dan setia pada nilai - nilaimu, kamu akan mekar menjadi orang yang kamu inginkan.
Ketiga, satu - satunya cara agar orang lain mau melakukan apapun untukmu adalah dengan membuat mereka ingin melakukannya.
Keempat, senyuman dan minat tulus pada seseorang yang baru, hanya itu yang kamu perlukan untuk mendapat teman baru.
Kelima, cara terpenting supaya kamu bisa menjadi teman, pacar, atau putri yang baik adalah sungguh - sungguh mendengarkan perkataan orang - orang dalam hidupmu.
Keenam, kamu tak bisa menang dalam pertengkaran, tetapi kamu bisa menggunakan kesamaan dan pertanyaan untuk lebih memahami situasi, menghentikan pertengkaran, dan membuka jalan untuk diskusi dan kompromi.
Ketujuh, orang tidak dilahirkan sebagai orang keren atau pintar atau canggih-ini dipelajari melalui coba-coba. Kalau kamu berbuat salah, akuilah, lakukan sebisamu untuk memperbaiki keadaan, lalu lanjutkan hidup. Kamu akan menjadi orang yang lebih baik.
Kedelapan, jadilah pemimpin. Harapkan yang terbaik dari dirimu dan orang lain, maka kamu tak akan kecewa.

Kedelapan ringkasan ini yang kita butuhkan untuk mendapat teman baru dan memengaruhi orang lain. Pelajaran yang aku ambil dari buku karangan Donna Dale Carnegie akan penting bagi keberhasilan kita di masa depan maupun dalam prestasi akademis atau kegiatan ekstrakurikuler-mungkin lebih.

Seseorang bisa saja menjadi ilmuwan roket yang hebat dan terkenal, tetapi kalau tidak bisa hidup rukun dengan orang lahn, kita tidak akan berhasil, baik secara profesional maupun pribadi. Meskipun sesekali kita tidak memenuhi syarat yamg diberikan, kalau kita bisa memenangkan hati orang lain, kita akan terus maju.

No comments:

Post a Comment



Cute Panda